Feb 17, 2009

Home » » Malcolm X figure Islam hebat di AS

Malcolm X figure Islam hebat di AS

21 Februari 1965, Malcolm X, pejuang muslim kulit hitam AS gugur syahid. Malcolm X yang nama aslinya adalah Malcolm Little, lahir di Omaha, Nebraska, pada tahun 1925. Ayah Malcolm adalah seorang pendeta Baptis yang dibunuh oleh kelompok anti kulit hitam. Pada usia 21 tahun, Malcolm berkenalan dengan Elijah Muhammad pemimpin gerakan “Nation of Islam” yang memperjuangkan hak-hak kaum kulit hitam muslim di Amerika dan menginginkan didirikannya sebuah negara muslim terpisah. Malcolm kemudian masuk Islam dan menjadi aktivis di Nation of Islam. Kecerdasan dan kemampuan orasinya yang hebat membuat Malcolm dengan segera menjadi juru bicara Nation of Islam. Karismanya yang tinggi membuat anggota NOI dengan segera melonjak naik. Namun, perselisihan prinsip antara Malcolm X dan Elijah Muhammad, membuatnya keluar dari NOI pada tahun 1964 dan ia mendirikan organisasi Moslem Mosque. Pada tahun yang sama, ia menunaikan haji ke Mekah dan di sana, ia menjumpai bahwa kaum muslimin berasal dari berbagai bangsa dan ras. Pengalaman ini membuat Malcolm berubah pandangan. Sekembalinya ke AS, ia tidak lagi sekedar menyampaikan pesan Islam untuk kaum kulit hitam melainkan untuk semua ras. Namun perjuangan Malcolm terpaksa berhenti di usianya ke 39 tahun karena ditembak tiga orang bersenjata ketika sedang menyampaikan pidato di sebuah gedung di New York.

Malcolm X...seorang pendakwah yang cukup hebat & dikagumi ramai...aku sebelum nie tak kenal pun sapa dy Malcolm X nie...thn lepas baru aku kenal sape dy...memang hebat...dy x perjuangkan orang kulit hitam tapi dy perjuangkan Islam...sampaikan ada orang kata dy gila & tak tahu apa yang dia sedang cakap & apa akibat dy cakap cam 2...memang kagum...ye laa...seorang muslim berjuang untuk menegakkan Islam di negara yang majoriti mereka adalah Non-Muslim...jadi adakah kita yang dah lama hidup sebagai seorang Muslim jadi sepertinya???

Tepuk Dada Tanya Iman kita...banyak lagi figure dakwah yang mampu kita contohi dari pelbagai bidang...namun hati kita adakah secekal mereka??..sama2 kita pikir sndr...

Lu pikirla sendiri...!!!!!


0 comments: